Malam Kudus, Malam yang Tulus

Hening. Suasana di ruang UGD itu mulai sepi. Tinggal aku, suamiku, dan Mak Entim yang terkulai lemas di atas ranjang. Dia belum sadar betul dari pingsannya. Sesekali dokter jaga menengok keadaannya.

Aku menungguinya dengan gelisah. Apalagi anaknya yang tinggal di kota lain belum juga bisa kuhubungi. Aku mendapat nomor telepon anaknya dari salah satu tetangga yang tadi sempat ikut mengantar Mak Entim ke rumah sakit. SMS belum dibalas. Telpon belum diangkat. Suamiku lebih tenang daripadaku.

Selengkapnya : Malam Kudus, Malam yang Tulus

Kelahiran Yesus Momen Berbela Rasa pada Penyandang Disabilitas

Bagi umat beriman secara khusus umat katolik, sebentar lagi akan menjalani masa Adven, masa penantian, masa persiapan lahir dan batin untuk menyambut kelahiran Sang Juru Selamat  Pembawa Damai. Masa Adven juga dapat diartikan sebagai masa penuh rahmat dimana orang diajak untuk merenungkan  sejauh mana memberi kesaksian selama satu tahun berlalu. Jujur dan berterus terang pada diri sendiri, bertanya adakah aksi dan kesaksian yang kugulirkan selama ini?  Sasaran utama adalah berbela rasa dan berbagi kasih serta peduli kepada mereka yang lemah. Masa Adven juga merupakan sebuah refleksi iman akan  kehidupan manusia yang  sedang dalam peziarahan.

Selengkapnya : Kelahiran Yesus Momen Berbela Rasa pada Penyandang Disabilitas

Perawan Maria

Keluaran

3:2 Lalu Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya di dalam nyala api yang keluar dari semak duri. Lalu ia melihat, dan tampaklah: semak duri itu menyala, tetapi tidak dimakan api. 3:3 Musa berkata: "Baiklah aku menyimpang ke sana untuk memeriksa penglihatan yang hebat itu. Mengapakah tidak terbakar semak duri itu?"3:4 Ketika dilihat TUHAN, bahwa Musa menyimpang untuk memeriksanya, berserulah Allah dari tengah-tengah semak duri itu kepadanya: "Musa, Musa!" dan ia menjawab: "Ya, Allah."3:5 Lalu Ia berfirman: "Janganlah datang dekat-dekat: tanggalkanlah kasutmu dari kakimu, sebab tempat, di mana engkau berdiri itu, adalah tanah yang kudus."

Selengkapnya : Perawan Maria

Zakharia

13:8 Maka di seluruh negeri, demikianlah firman TUHAN, dua pertiga dari padanya akan dilenyapkan, mati binasa, tetapi sepertiga dari padanya akan tinggal hidup. 13:9 Aku akan menaruh yang sepertiga itu dalam api dan akan memurnikan mereka seperti orang memurnikan perak. Aku akan menguji mereka, seperti orang menguji emas. Mereka akan memanggil nama-Ku, dan Aku akan menjawab mereka. Aku akan berkata: Mereka adalah umat-Ku, dan mereka akan menjawab: TUHAN adalah Allahku!"

Selengkapnya : Zakharia

OMK dan Tantangan yang Harus Dihadapi

Seksi Kepemudaan (SKP) Paroki BMV Katedral baru saja menggelar pertemuan untuk anak-anak kita, Bina Iman Remaja (BIR) dengan tema  “Kabar Gembira di Tengah Gaya Hidup Modern”, Minggu (10/9).   Upaya SKP ini tentu saja berkaitan dengan Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN). Oleh karenanya dalam pengumuman dan selebaran disebutkan agar masing-masing peserta membawa Kitab Suci. Sayangnya, upaya cantik SKP hanya ditanggapi oleh 33 orang BIR saja! Ya, hanya 33 orang yang hadir. Bayangkan, dari 16 wilayah hanya 6 yang mengirimkan BIR.

Selengkapnya : OMK dan Tantangan yang Harus Dihadapi

Tetaplah Berbakti, Mengabdi, dan Melayani

Wawancara Imajiner dengan E. Goeritno

Nama Engelbertus Goeritno atau yang biasa disapa dengan Pak Goer tak asing bagi para pengurus Berita Umat, terutama pengurus Berita Umat terdahulu. Sejak tahun 1967 Goeritno ikut membantu mendirikan Majalah Berita Umat. Di tahun 1980-an, ia sempat vakum mengurusi media Paroki Katedral tersebut lantaran pekerjaannya yang harus pindah ke Sukabumi. Namun demikian, darah pelayanannya untuk menulis masih kental terasa. Terbukti, sepulang dari Sukabumi dan di masa-masa pensiun sekitar tahun 1998, Pak Goer kembali bergabung dengan Berita Umat.

Selengkapnya : Tetaplah Berbakti, Mengabdi, dan Melayani

Kontak

Seksi Komunikasi Sosial Paroki BMV Katedral
Jln. Kapten Muslihat No. 22, Kota Bogor
Telp              : (0251) 8321188
HP/WA          : 0857 0785 0473
BBM             : 5EC4EEA9   
LINE             : komsosbmv
Facebook    : Berita Umat
E-mail           : komsosbogor@yahoo.com
Instagram    : Berita Umat
Youtube        : Berita Umat
Arranged by Komsos BMV Katedral Bogor © 2016