Umat Katolik Harus Ubah Kata Menjadi Nyata

Bersamaan dengan peringatan dua tahun diterbitkannya ensiklik Laudato Si atau Merawat Rumah Kita, Juli lalu, Paus Fransiskus mendukung kampanye gerakan sejuta umat Katolik untuk bekerja dan peduli terhadap kelestarian lingkungan. Kampanye yang bertujuan agar setiap umat mau bekerja sama menjaga kondisi bumi menghadapi perubahan iklim tersebut, kini telah didukung juga oleh sejumlah pimpinan gereja dan aktivis lingkungan hidup.

Kampanye itu digagas oleh Global Catholic Climate Movement, sebuah gerakan umat untuk pelestarian lingkungan. Melalui gerakan ini, Paus Fransiskus berharap agar 1,2 miliar umat Katolik di seluruh dunia memainkan peranan penting dalam menjaga keberadaan bumi. Ada banyak cara untuk menyatakan kepedulian itu seperti mau berdoa bagi seluruh ciptaan Tuhan, hidup lebih sederhana, serta mendorong lingkungan sekitarnya untuk senantiasa menjaga bumi sebagai rumah bagi sesama.

Tomas Insua, Direktur Eksekutif Global Catholic Climate Movement menyatakan, Paus Fransiskus telah mengubah diskusi di atas meja menjadi dorongan untuk bekerja secara nyata. Banyaknya umat Katolik di seantero bumi kiranya menjadi pendorong utama perubahan gaya hidup masyarakat untuk lebih memperhatikan lingkungan. “Bapa Paus telah mengundang semua umat untuk mengejawantahkan ajaran gereja ke dalam kehidupan nyata, menjawab panggilan dengan aksi.”

Langkah Paus Fransiskus tersebut menambah momentum bagi para pemimpin dunia untuk berkomitmen mewujudkan kesepakatan mengenai lingkungan hidup yang telah dibahas dalam pertemuan negara-negara G20 di Paris, Juli lalu.

(Ari Sudana)

Kontak

Seksi Komunikasi Sosial Paroki BMV Katedral
Jln. Kapten Muslihat No. 22, Kota Bogor
Telp           : (0251) 8321188
HP/WA       : 0857 0785 0473
BBM          : 5EC4EEA9   
LINE          : komsosbmv
Facebook  : Berita Umat
E-mail        : komsosbogor@yahoo.com
Arranged by Komsos BMV Katedral Bogor © 2016